Volvo Bikin Truk Berbahan Bakar Hidrogen, Siap Dipasarkan Di 2030

Spread the love
Read Time:1 Minute, 39 Second

Laporan oleh Michael Davitt Adi Prasetyo

GOTEBORG – Volvo Trucks mulai menguji truk bahan bakar hidrogen jarak jauh.

The Independent, mengutip Rabu (22/6/2022), truk berbahan bakar hidrogen dapat menarik muatan hingga 65 ton, menempuh jarak sekitar 1.000 km (620 mil), dan mengisi bahan bakar dalam waktu kurang dari 15 menit. situs game slot gacor hari ini

Para ilmuwan telah tertarik untuk menggunakan hidrogen untuk menggerakkan kendaraan selama beberapa dekade karena potensi manfaat lingkungan bahan bakar fosil.

Bahan bakar diesel konvensional yang digunakan di banyak mesin truk mengeluarkan karbon dioksida (CO2), nitrogen oksida, jelaga, dan polutan lainnya.

Sel bahan bakar hidrogen, di sisi lain, bekerja dengan oksigen untuk menghasilkan listrik yang dapat menggerakkan mobil dan menghasilkan uap air sebagai produk sampingan.

Menurut para ahli di Universitas Columbia, sekitar 98% hidrogen dunia berasal dari bahan bakar fosil, memancarkan 8,3 miliar metrik ton karbon dioksida setiap tahun. Itu kira-kira setara dengan 179 juta mobil per tahun di Amerika Serikat.

Namun, ada cara untuk menghasilkan hidrogen tanpa bahan bakar fosil dengan memecah molekul air (H2O) hidrogen dan oksigen dengan elektrolit yang dikenal sebagai “hidrogen hijau”.

Jika listrik yang digunakan untuk memisahkan molekul yang berasal dari sumber terbarukan, produksi dan penggunaan hidrogen ini tidak akan menyebabkan emisi karbon dioksida.

Sementara itu, Volvo Trucks mengatakan terbatasnya pasokan hidrogen hijau saat ini dan infrastruktur untuk mengisi bahan bakar hidrogen tetap menjadi tantangan bagi teknologi tersebut.

Saat ini, hampir smua stasiun pengisian bahan bakar hidrogen di Amerika Serikat berada di California, dengan 47 stasiun pengisian bahan bakar, dan lebih dari 100 di seluruh Eropa.

Volvo bukan satu-satunya perusahaan yang mengerjakan truk bertenaga hidrogen, dan perusahaan lain seperti Toyota dan Hyundai juga telah mengembangkan model hidrogen.

Volvo Trucks juga sedang mengerjakan truk listrik bertenaga baterai. Volvo berharap dapat menjual truk bertenaga hidrogen pada tahun 2030.

Transportasi menyumbang sekitar 27% dari emisi gas rumah kaca AS, menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS. Dari jumlah tersebut, 26% adalah truk menengah dan berat, 57% adalah mobil dan 8% adalah pesawat.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Mantan Istri Elon Musk Dukung Xavier Alexander Musk Ubah Gender: Aku Sangat Bangga Padamu
Next post Telegram Luncurkan Layanan Premium Dengan Lebih Banyak Fitur, Tarif Berlangganan 5 Dolar Per Bulan