Spesifikasi Helikopter Augusta Westland 101, Intip Kecanggihannya!

Spread the love
Read Time:2 Minute, 22 Second

Pembelian helikopter Augusta Westland (AW)-101 di TNI Angkatan Udara menjadi kontroversi.

Seperti dilansir situs tersebut, Selasa (24/5/2022), pembelian helikopter ini bermasalah karena diduga menggelembungkan uang pembelian helikopter tersebut.

Awalnya, pembelian helikopter VVIP dialokasikan untuk keperluan kepresidenan. Helikopter itu dianggarkan Rp 738 miliar. info slot gacor hari ini pragmatis play

Namun, meski ada penolakan dari Presiden Joko Widodo, pembelian helikopter terus berlanjut. Helikopter jenis ini diubah menjadi helikopter untuk keperluan transportasi.

Selain itu, helikopter yang dibeli tidak memenuhi spesifikasi yang dipersyaratkan TNI AU. Misalnya, helikopter tidak menggunakan sistem pintu ramp.

Hasil perhitungan awal menemukan kerugian pemerintah diperkirakan Rs 224 miliar dari nilai proyek Rs 738 miliar.

KPK mengidentifikasi dan menahan tersangka

KPK juga menahan Direktur PT Diratama Jaya Mandiri Irfan Kornia Salih atau John Irfan Kenway.

Irfan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembelian helikopter AW-101 milik TNI Angkatan Udara.

“KPK melakukan upaya penangkapan paksa terhadap IKS (Irfan Kornia Salih) selama 20 hari pertama,” kata Presiden KPK Ferli Bahuri dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Irfan ditahan hingga 12 Juni 2022 di Rutan KPK di Gedung Merah Putih. Terkait penyidikan kasus ini, KPK telah memeriksa 30 saksi sejak 2017.

Dalam kasus ini, TNI telah menetapkan lima tersangka.

Kelimanya adalah Kepala Unit Pelayanan Pengadaan, Kolonel Kal FTS SE, Pejabat Penyerahan Kepatuhan (PPK) Bidang Pengadaan Barang dan Jasa Marsekal TNI FA, dan Pejabat Pemegang Kas, Letkol Departemen WW.

Selanjutnya pejabat pembawa uang yang menyalurkan uang tersebut ke pihak-pihak tertentu, yaitu SS Pelda (Asisten Letnan Dua) ​​dan Asisten Perencanaan Kepala Staf Angkatan Udara Marsda TNI SB.

Lantas seperti apa spesifikasi helikopter AW-101 tersebut?

AW-101. Spesifikasi helikopter

Menurut laporan dari Antara, 24 Agustus 2017, AW-101 adalah helikopter multi-peran yang dapat digunakan oleh warga sipil dan personel militer.

Saat digunakan untuk militer, spesifikasinya sedikit berbeda, mulai dari bahan hingga avionik, alat dasar dan penunjang, dan berbagai hal lainnya.

Secara teknis, AW-101 memiliki panjang total 19,53 m, tinggi 6,62 m, berat kosong 10.500 kg, dan berat maksimum 15.600 kg.

Helikopter ini dapat membawa maksimal empat awak, dua pilot dan dua spesialis misi atau muatan.

Selain itu, helikopter AW-101 mampu mengangkut 26 personel dengan persenjataan lengkap atau muatan lima ton, serta 16 tandu yang disusun berjenjang.

Pada varian combat SAR, AW-101 dilengkapi dengan peralatan Eeectro optic/Infra Red, single atau double roller, area khusus untuk perawatan pasien/korban pertempuran, dan quick rope system.

Adapun daya dukung personel ini dapat dibagi menjadi 45 personel bersenjata lengkap dalam formasi berdiri atau 30 personel duduk di kursi dengan tangan penuh.

Jika ini yang dipilih, peralatan sonar dapat dipasang karena juga memiliki fungsi helikopter anti-kapal selam Azzy.

AW-101 dikenal bertenaga karena ditenagai oleh tiga mesin Rolls-Royce Turbomecca RTM322-01 Turboshaft, masing-masing mampu menghasilkan tenaga sebesar 1.566 kW (2100 shp).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Wabah PMK, Dosen UMM Sarankan Hewan Ternak Divaksin Sebelum Idul Adha
Next post Jelang Indonesia Vs Bangladesh, Shin Tae-yong Dikabarkan Panggil Jordi Amat