Sejarah Wabah Cacar Monyet Pertama Kali Ditemukan Pada Tahun 1958

Spread the love
Read Time:2 Minute, 38 Second

Cacar monyet merupakan penyakit zoonosis yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia.

Kasus Monkeyhead sering terjadi di Afrika Tengah dan Barat, di mana ada peningkatan insiden, seringkali di dekat hutan hujan tropis dan di daerah perkotaan.

Virus penyebab kepala monyet adalah virus DNA untai ganda yang termasuk dalam genus Poxviridae. slot gacor menang terus

Ada dua kelompok genetik virus varicella simian: garis keturunan Afrika Tengah (Cekungan Kongo) dan garis keturunan Afrika Barat. Secara historis, tumpukan Cekungan Kongo menyebabkan cacar yang lebih parah dan dianggap paling menular.

wabah monyet

Menurut laporan Medscape, istilah “monyet” telah dikenal sejak tahun 1958 setelah contoh pertama yang didokumentasikan dari monyet yang digunakan dalam penelitian.

Namun, monyet bukanlah pembawa utama penyakit ini. Virus cacar air monyet biasanya ditularkan ke manusia dengan menggigit hewan yang terinfeksi atau dengan menyentuh darah, cairan tubuh, dan bulu hewan yang terinfeksi.

Cacar air monyet manusia pertama kali diidentifikasi pada tahun 1970 pada seorang anak laki-laki berusia 9 tahun di Republik Demokratik Kongo.

Sejak itu, sebagian besar kasus monkeyhead telah dilaporkan di daerah pedesaan dan hutan hujan di Cekungan Kongo, terutama di Republik Demokratik Kongo.

Sejak itu, semakin banyak kasus cacar monyet dilaporkan di Afrika Tengah dan Barat.

Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sejak tahun 1970, kasus cacar monyet pada manusia telah dilaporkan di 11 negara Afrika: Benin, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo, Gabon, Pantai Gading, Liberia, Nigeria dan Republik Kongo dan Sierra Leone, Sudan Selatan.

Kemudian, pada tahun 1996-1997, wabah cacar monyet lainnya dengan angka kematian yang lebih rendah dari normal dan insiden yang lebih tinggi diidentifikasi di Republik Demokratik Kongo.

Juga pada tahun 2017, Nigeria mengalami wabah besar-besaran dengan lebih dari 500 kasus yang dicurigai dan lebih dari 200 kasus yang dikonfirmasi, dengan tingkat kematian sekitar 3%.

Monkeypox adalah penyakit yang patut mendapat perhatian global karena tidak hanya menyerang negara-negara Afrika tetapi seluruh dunia.

Pada tahun 2003, kasus kepala monyet pertama di luar Afrika terjadi di Amerika Serikat (AS).

Di Amerika Serikat, kondisi ini telah dikaitkan dengan kontak dengan anjing padang rumput peliharaan yang terinfeksi.

Hewan peliharaan ini dibiakkan untuk hibernasi dengan tikus berkantung Gambia yang diimpor dari Ghana ke Amerika Serikat.

Sejak kasus pertama dikonfirmasi, ada lebih dari 70 kasus cacar monyet di Amerika Serikat.

Monkey Doo dari Nigeria ke Israel pada September 2018, ke Inggris pada September 2018, Desember 2019, Mei 2021 dan Mei 2022, ke Singapura pada Mei 2019, dan ke Amerika Serikat pada Juli dan November 2021. .

Hingga Mei 2022, beberapa kasus kepala monyet telah diidentifikasi di beberapa negara non-endemik.

Penularan kepala monyet dari hewan ke manusia

Penularan virus monkeypox dari hewan ke hewan dapat terjadi melalui kontak langsung dengan lesi darah, cairan tubuh, kulit, atau lendir dari hewan yang terinfeksi.

Di Afrika, bukti infeksi virus monkeypox telah ditemukan pada banyak hewan, termasuk tupai tali, tupai pohon, tikus rebus, kadal, dan berbagai jenis monyet.

Meskipun kemungkinan besar hewan pengerat, reservoir alami kepala monyet belum diidentifikasi.

Makan daging setengah matang dan produk hewani lainnya dari hewan yang terinfeksi juga dapat menjadi faktor risiko cacar monyet.

Orang-orang yang tinggal di atau dekat kawasan hutan berada pada risiko besar dari paparan langsung atau tidak langsung terhadap hewan yang terinfeksi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post 13 Kanker Yang Disebabkan Obesitas
Next post Pengemudi Bus Belum Semua Paham Mengoperasikan Rem Yang Benar