Resmikan Tahap II Industri Baterai Listrik, Jokowi: Saya Senang, Bisa Serap 20.000 Tenaga Kerja

Spread the love
Read Time:2 Minute, 6 Second

JAKARTA, – Presiden Joko Widodo meresmikan implementasi tahap kedua industri baterai listrik terintegrasi di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pada Rabu (8/6/2022).

Industri baterai listrik tersebut merupakan kerja sama antara LG dengan konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia. slot gacor gampang menang 2022

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pagi hari ini tahap kedua industri baterai listrik terintegrasi dari LG dengan konsorsium BUMN saya nyatakan dimulai pembangunannya,” ujar Jokowi sebagaimana dilansir dari siaran langsuny YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi menyatakan dirinya senang karena tahapan pembangunan industri baterai listrik terintegrasi mulai berjalan.

Dia mengungkapkan, industri yang didukung LG ini merupakan investasi pertama di dunia yang mengintegrasikan produksi kendaraan listrik dari hulu sampai ke hilir.

Yakni dimulai dengan penambangan nikel, lalu pengembangan smelter, pabrik prekusor, pabrik katoda kemudian baterai listrik, baterai pack hingga mobil listrik.

“Masih ditambah lagi dengan industri daur ulang baterai. Dari hulu sampai hilir semuanya dikerjakan dalam investasi ini,” tutur Jokowi.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada konsorsium LG yang bekerja sama dengan BUMN Indonesia dengan perusahaan-perusahaan Indonesia atas kerja kerasnya sehingga hari ini bisa kita mulai pembangunannya,” jelasnya.

Presiden mengungkapkan, total investasi dalam industri ini sebesar Rp 142 triliun atau setara dengan 9,8 miliar Dolar AS.

“Dan yang paling saya senang menyerap karyawan SDM tenaga kerja kita 20.000 orang. Ini jumlah yang tidak kecil. Di mana-mana di dunia sekarang ini pembukaan lapangan kerja merupakan kunci,” kata Jokowi.

Kepala negara juta merasa senang bahwa saat ini investasi dari hulu ke hilir itu tersebar di beberapa kawasan di m Indonesia.

Jokowi mencontohkan, untuk pertambangan, peleburan smelternya untuk nikel berlokasi di Halmahera di Maluku Utara.

Kemudian untuk industri pemurnian serta industri refinery pemurnian serta industri precusor, industri katodanya ada di Jawa Tengah di kawasan industri di Batang.

Kemudian pabrik baterai juga sedang dibangun di Karawang, dan pabrik mobil listriknya ada di Cikarang.

“Tersebar ini sangat baik. Tidak hanya di Jawa saja tapi luar Jawa juga banyak di bangun untuk investasinya,” kata Jokowi.

Dia melanjutkan, sebagai negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia Indonesia mengharapkan akan menjadi produsen utama produk-produk barang yang berbasis nikel.

Hal itu disebutkan Jokowi menjadi cita-cita Indonesia sejak lama.

Kemudian ke depannya akan dilanjutkan dengan stop ekspor bahan mentah bauksit.

“Sehingga kita bisa memproduksi barang jadi yang berasal dari aluminium. Sekali lagi Indonesia akan menjadi produsen utama produk-produk barang yang berbasis nikel seperti lithium baterai, baterai listrik baterai kendaraan listrik,” kaya Jokowi.

“Dan ini merupakan sebuah kesempatan besar, merupakan kesempatan emas untuk membangun ekonomi hijau ke depan, seperti yang kita rencanakan,” lanjutnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Lirik Dan Chord Lagu Coloring – Kevin Garrett
Next post Sinopsis God’s Favorite Idiot, Utusan Tuhan Untuk Mencegah Hari Kiamat