Perjalanan Esports Tuai Emas SEA Games 2021

Spread the love
Read Time:2 Minute, 5 Second

Cabang olahraga (cabor) esports sejatinya sudah ada sejak SEA Games 2019 Filipina.

Indonesia juga mengirim atletnya untuk cabor SEA Games 2019 Filipina saat itu dan berhasil membawa pulang 2 perak dan 1 perunggu.

Akan tetapi, medali tersebut tidak dihitung karena esports masih dalam status demo atau cabor percobaan. info slot gacor hari ini

Di sisi lain, kondisi kepengurusan esports di Indonesia belum stabil. Kala itu, Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) dan Pengurus Nasional Indonesia Esports Association (PN IESPA) masih belum menyatu.

PB ESI menginduk ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sementara IESPA di barisan anggota Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia).

Sumbang Emas pada Debutnya

Namun, cerita berbeda pada ajang SEA Games 2021 Vietnam. esports pulang berkalung medali emas.

Lebih tepatnya 2 emas, 3 perak, dan 1 perunggu untuk kontingen Merah Putih pada SEA Games 2021.

Hal ini tak lepas dari bersatunya IESPA ke PB ESI ketika IESPA berada di bawah pimpinan Ibnu Riza Pradipto.

Kala itu, Ibnu Riza menggantikan posisi Eddy Liem sebagai ketua IESPA. Tak berangsur lama, Ibnu berhasil mendinginkan dua organisasi tersebut.

Hasilnya, IESPA bersedia menginduk ke PB ESI di bawah arahan Ketua Umum Budi Gunawan.

Berkat dukungan penuh Budi Gunawan dan Tommy Hermawan Lo selaku pembina PN IESPA yang menyediakan tempat pelatnas di Jeep Station Indonesia Bogor, Jawa Barat, Timnas esports Indonesia telah menunjukkan kualitasnya.

“Hasil medali yang disumbangkan bagi Kontingen Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam ini memang belum sesuai harapan,” kata Ibnu Riza yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Tim Nasional (BTN).

“Tetapi, kita puas dengan perjuangan maksimal atlet esports Indonesia yang sudah melebih hasil pada SEA Games 2019 Filipina.”

“Kami sudah mampu mengatasi berbagai kendala teknis yang bisa dijadikan modal untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Esports 2022 nanti,” jelas Ibnu.

Nomor 2 di Asia Tenggara

Dok. PB ESI Skuad Esports Indonesia pada ajang SEA Games 2021 Vietnam. Nomor PUBG Mobile meraih medali emas.

Khusus untuk cabor esports, Indonesia berada di urutan kedua pada ajang SEA Games 2021.

Posisi juara umum dipegang Vietnam dengan 4 emas dan 3 perak sedangkan Filipina yang sebelumnya meraih gelar juara umum menempati peringkat ketiga dengan 2 emas, 3 perak dan 1 perunggu.

“Perolehan medali ini menurut saya luar biasa, terutama kita bisa menempati posisi runner up. Jadi, memang ini satu prestasi yang luar biasa di SEA Games kedua untuk esports, kami cukup puas dan sangat puas,” terang Ibnu.

“Terus terang, dukungan dan komitmen pak Budi Gunawan dan pak Bambang Sunarwibowo begitu besar dalam memotivasi atlet esports dalam persiapan menjelang SEA Games 2021 Vietnam,” tandasnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Mobil BPJS Kesehatan Tabrak Papan Pintu Masuk Stasiun Madiun, 2 Orang Terluka
Next post Wabah PMK, Dosen UMM Sarankan Hewan Ternak Divaksin Sebelum Idul Adha