Mengenal Manfaat Susu, Dari Kaya Asam Amino Hingga Cegah Osteoporosis

Spread the love
Read Time:2 Minute, 25 Second

Susu mempunyai peran penting dalam tumbuh kembang seseorang. Setiap individu membutuhkan pemenuhan asupan gizi yang berbeda di setiap tahap kehidupan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Tak hanya terkait kesehatan, susu telah menjadi bagian dari keseharian dan secara tak langsung menjadi bagian dari gaya hidup kekinian. prediksi game slot gacor hari ini

Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS menegaskan, susu berperan dalam mendukung pemenuhan gizi sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.

“Tubuh membutuhkan 20 jenis asam amino, 9 di antaranya adalah asam amino esensial dan sisanya adalah asam amino non esensial,” ujar Hardinsyah dalam webinar Hari Susu Sedunia yang diadakan oleh Frisian Flag Indonesia, produsen Frisian Flag, Friso, Susu Bendera, dan Omela,pada Kamis (2/6/2022).

Protein hewani termasuk susu, memiliki asam amino esensial yang lebih lengkap, dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang juga dibutuhkan tubuh.

“Pada 1.000 hari pertama kehidupan, susu dalam bentuk ASI merupakan makanan alami yang memainkan peran krusial dalam pertumbuhan otak,” tutur Hardinsyah.

Hardinsyah menambahkan, bayi baru lahir hingga berusia 6 bulan sebaiknya diberikan ASI secara eksklusif, dikarenakan ASI mempunyai segudang manfaat seperti meningkatkan sistem imunitas tubuh, meningkatkan kecerdasan otak dan daya nalar, menyokong pertumbuhan fisik dan mencegah stunting, sumber energi, zat gizi, membantu regenerasi sel, menjaga kesehatan mata, dan mudah dicerna oleh tubuh.

Sementara itu, dalam tahap anak dan remaja, susu bisa mendukung pertumbuhan tulang dan otot. Pada tahap dewasa dan lansia, susu berperan penting dalam menjaga sistem hormon dan imunitas tubuh, termasuk mencegah osteoporosis.

Pasalnya, susu mengandung protein, lemak, energi, serta berbagai vitamin dan mineral. Dalam satu gelasnya, kandungan gizi susu sebagai berikut:

1. Protein: 7,5-8 gram

2. Vitamin A

3. Vitamin B, seperti vitamin B1, B2, B6, dan B12

4. Vitamin D

5. Kalsium: 275 mg

6. Fosfor: 200 mg

7. Kalium: 320 mg

8. Serat

Kandungan-kandungan yang tergabung dalam manfaat susu memberikan dampak positif terhadap perkembangan tubuh, seperti pertumbuhan dan kepadatan tulang, energi, serta meningkatkan pencernaan serta metabolisme tubuh.

Susu juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, meningkatkan metabolisme tubuh, memulihkan otot setelah berolahraga, menjaga berat badan, meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan jantung, hingga membuat tidur lebih nyenyak.

Dalam memilih produk susu yang akan dikonsumsi, masyarakat dapat memperhatikan sejumlah hal seperti izin edar dari BPOM, mengecek komposisi dan nilai gizi produk susu, membeli produk dengan kemasan dan label resmi, mengecek tanggal kadaluwarsa produk, dan membeli di toko resmi.

Susu bagian dari gaya hidup

Susu tidak hanya penting untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan di tiap tahap kehidupan. Namun, dari berbagai sisi dan momen kehidupan, susu telah sejak lama dikenal sebagai bagian dari aneka minuman dan makanan tradisional juga modern.

Banyak yang memanfaatkan susu sebagai bahan utama maupun bahan pelengkap kuliner seperti STMJ, kopi dan teh susu kekinian, boba, puding, aneka kue, martabak, dan lain-lain.

Pengamat Gaya Hidup, Dwi Sutarjantono mengungkapkan, sejak lama susu telah diyakini dan terbukti memiliki peran baik dalam menunjang kesehatan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Eks Wali Kota Yogyakarta Ditangkap KPK, Gibran: Rencana Kerja Sama Dengan Pemkot Solo Tetap Lanjut
Next post Ciri-ciri Kerajaan Islam