McEasy Pacu Digitalisasi Sektor Logistik Lewat Gerakan 1 Juta Kendaraan

Spread the love
Read Time:1 Minute, 39 Second

Laporan Wartawan , Choirul Arifin

JAKARTA – Perusahaan solusi digital berbasis Internet of Things (IoT) McEasy menggulirkan program Gerakan 1 Juta Kendaraan untuk mendukung percepatan digitalisasi di sektor logistik dan transportasi pada era industri 4.0. slot gacor maxwin

Strategi ini sekaligus untuk mengurai kerumitan terjadi pada tingkat akar rumput, mulai dari
pengaturan uang saku supir, penghematan bahan bakar, kepatuhan pengemudi armada transportasi di jalan hingga efisiensi muatan dan rute armada.

David Fernando Audy, Operating Partner, East Ventures mengatakan, dengan memanfaatkan teknologi dan analisa data, digitalisasi membantu pelaku sektor logistik dan transportasi memecahkan sejumlah tantangan jangka panjang, seperti kurangnya transparansi logistik, proses konvensional & manual dan konektivitas.

Perusahaan ini telah menjadi solusi terbaik teknologi logistik transportasi dengan digitisasi aktivitas armada transportasi sehingga semua proses dan indikator penting bisa dimonitor dan dievaluasi,” ujarnya di acara peluncuran program Gerakan 1 Juta Kendaraan di Jakarta, Sabtu (21/5/2022).

Dia menambahkan, upaya ini akan menghasilkan transparansi logistik, di mana setiap bagian rantai pasok bisa diketahui secara real time seperti terpantaunya posisi armada secara akurat, kepatuhan awak pengemhdi hingga jenis muatan.

East Ventures – Digital Competitiveness Index 2022 memperkirakan 90 persen pencocokan logistik masih dilakukan manual dengan proses verifikasi yang lamban sehingga minim transparansi dan ketertelusuran.

David menambahkan, terkait konektivitas, transportasi darat merupakan jangkar perpindahan barang di Indonesia karena mencakup 80-90 persen dari total volume pengiriman yang ditangani setiap tahunnya.

Meski pemerintah tengah gencar melakukan pembangunan infrastruktur jalan, kondisi infrastruktur belum maksimal mengingat karakteristik Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

Dia menegaskan, tantangan yang dihadapi sektor logistik dan angkutan penumpang dapat dipecahkan lewat intervensi teknologi.

Raymond Sutjiono, Co-founder, McEasy menambahkan, para pemain di sektor logistik dan transportasi membutuhkan solusi digital yang mampu memecahkan tantangan hingga ke tingkat paling dasar.

Disebutkan, McEasy meluncurkan Gerakan 1 Juta Kendaraan demi mewujudkan ekosistem transportasi dan logistik yang terkoneksi, memiliki visibilitas, terotomasi dan memiliki integrasi yang bersifat dari hulu ke hilir.

Targetnya adalah mendigitalisasi dan mengintegrasikan setidaknya satu juta unit kendaraan roda empat ke dalam ekosistem logistik dan transportasi McEasy hingga 2025.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Polemik Kedubes Inggris Jakarta Kibarkan Bendera LGBT, Ini Respons Kemlu RI
Next post Anak Muda Perlu Pendidikan Keterampilan Non Teknis Sebelum Memasuki Dunia Kerja