Lock Screen Baru Di IOS 16 Dianggap Jiplak MIUI Xiaomi

Spread the love
Read Time:1 Minute, 49 Second

Apple mengumumkan pembaruan sistem operasi iOS 16 dalam konferensi pengembang tahunan (Worldwide Developers Conference/WWDC).

Di antara fitur menarik iOS 16 yang diumumkan Apple adalah fitur yang memungkinkan pengguna memodifikasi tampilan Lock Screen.

Alih-alih inovatif, fitur ini justru dinilai sama dengan fitur yang ditawarkan Xiaomi. Oleh karena itu, beberapa warganet yang berkomentar menilai Apple telah mencontek Xiaomi. slot gacor deposit murah

Klaim itu tidak hanya didasarkan pada kesamaan fitur modifikasi Lock Screen iOS 16. Sebab, super wallpaper yang digunakan untuk sitem operasi tersebut juga dinilai sama dengan Xiaomi, yaitu dengan menggunakan objek Bumi.

Super wallpaper adalah live wallpaper yang membuat wallpaper background lock screen dengan home screen tampak dinamis.

Xiaomi sendiri menggunakan visual Bumi untuk wallpaper-nya pada tahun 2020. Untuk itu, banyak dari warganet berasumsi bahwa “Semuanya (fitur iOS 16) didasarkan pada MIUI”. Ada pula netizen yang berkata bahwa iOS menjiplak MIUI.

Adapun fitur super wallpaper dirilis Xiaomi pertama kali pada MIUI 12. Perusahaan asal China itu menggunakan tema Mars sebagai objek super wallpapernya.

Ketika smartphone dikunci, layarnya akan dihiasi oleh visual planet secara utuh. Namun ketika kunci dibuka, layar smartphone akan menampilkan Mars yang diperbesar hingga memperlihatkan dataran planet tersebut dengan jelas.

Menurut Gizchina, jika dibandingkan, kedua wallpaper itu memang sama-sama menggunakan objek planet. Namun animasi milik Xiaomi dinilai lebih mulus dibanding Apple.

Selain itu, transisi visual yang ditampilkan super wallpaper iOS 16 tidak begitu berbeda karena hanya menampilkan visual bumi dari jarak jauh baik untuk Lock Screen maupun Home Screen.

Xiaomi, Apple Perbandingan super wallpaper iOS 16 dan MIUI 12

Bukan pertama kali

Kemiripan konsep visual antara Xiaomi dan Apple bukan kali pertama ini terjadi. Pada tahun 2021, surat undangan konferensi pers dari Apple juga dinilai mirip dengan desain yang diusung Xiaomi pada tahun 2018.

Kedua undangan itu dihiasi dengan visual seperti percikan kembang api dengan keterangan yang ditempatkan di area tengah dan bawah gambar.

Pembedanya adalah percikan kembang api dalam undangan Apple turut membentuk logo Apple. Adapun logo merek Xiaomi pada undangan perusahaan ditempel di sudut kanan gambar, kontras dengan visual kembang api yang ditampilkan.

Apple, Xiaomi Undangan konpers Apple dan Xiaomi

Kendati tampak mirip, namun fans Apple menilai bahwa Xiaomi-lah yang lebih banyak menjiplak konsep produk Apple, ketimbang sebaliknya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Apa Penyebab Katarak Pada Lansia?
Next post Telusuri Pemilik TNT Dan Senjata Di Rumah Jalan Asia Afrika Bandung, 4 Orang Diperiksa