Kenali Penyebab Nissan Grand Livina Gampang Ngelitik

Spread the love
Read Time:1 Minute, 26 Second

JAKARTA, – Sejak awal, Nissan Grand Livina memang dikenal gampang mengalami ngelitik, khususnya model L10 1.5 produksi tahun 2007 – 2012.

Bukan tanpa sebab mobil ini kompak mengalami ngelitik, karena sebenarnya pada mobil ini dilengkapi teknologi yang cukup canggih, dengan catatan selalu menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. slot deposit tanpa potongan pulsa

Sayangnya imbauan tersebut tidak begitu diindahkan, masih ada saja pengendara Nissan Grand Livina yang menggunakan bahan bakar beroktan rendah.

Padahal di mobil ini dilengkapi teknologi khusus yang dapat berdampak buruk bila terlalu sering menggunakan bahan bakar berkualitas rendah.

chem.libretexts.org (a) Pembakaran normal bensin dalam silinder internal mesin (b) pembakaran dini bensin dalam silinder internal mesin yang mengakibatkan ketukan.

Pada varian ini, mesin dilengkapi dengan Exhaust Gas Recirculation (EGR) yang berfungsi meningkatkan efisiensi bahan bakar serta mengurangi emisi gas buang. Jadi, asap knalpot yang seharusnya langsung terbuang, ini sebagian dialirkan lagi ke saluran masuk pada kondisi tertentu.

Pemilik Everest Motor spesialis Nissan & Datsun Eko Setiawan mengatakan, sebenarnya tujuan dilengkapi EGR itu baik agar emisi gas buang berkurang serta dapat memaksimalkan pembakaran, tapi gas sisa pembakaran itu akan mudah mengotori saluran masuk.

“EGR ini yang menyebabkan intake manifold (saluran masuk) dan ruang bakar mudah kotor, dan akhirnya membuat mesin mudah ngelitik,” ucap Eko kepada , Sabtu (25/6/2022).

Dok. SIS Ilustrasi servis mobil di bengkel resmi Suzuki

Dia mengatakan ruang bakar yang kotor dapat mengganggu waktu pengapian. Campuran bahan bakar dan udara yang seharusnya mulai terbakar ketika busi memercikan bunga api, tapi karena kotoran, campuran bahan bakar dan udara bisa terbakar lebih dini sehingga mengakibatkan ngelitik atau knocking.

“Maka dari itu diperlukan tune up disertai pembersihan ruang bakar dan EGR, agar ngelitik hilang, tenaga mesin prima dan bahan bakar tidak boros,” ucap Eko.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Mengenal Ganja Medis Dan Pro Kontranya Di Indonesia
Next post Ancaman Cap Ilegal Untuk Google, Twitter, Meta Dkk Di Indonesia