Kemenkes: Kasus Cacar Monyet Belum Terdeteksi Di Indonesia

Spread the love
Read Time:1 Minute, 16 Second

JAKARTA, – Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengatakan, hingga saat ini, penyakit cacar monyet atau monkeypox belum terdeteksi di Indonesia.

“Di Indonesia belum ada kasusnya (cacar monyet),” kata Syahril dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (24/5/2022). slot deposit tanpa potongan pulsa

Meski demikian, Syahril mengatakan, pemerintah tetap mewaspadai penularan penyakit tersebut, salah satunya dengan melakukan update situasi dan frequently asked questions (FAQ) terkait monkeypox.

Kemudian, pemerintah juga menyiapkan Surat Edaran (SE) untuk meningkatkan kewaspadaan baik di wilayah dan dinas kesehatan (dinkes), rumah sakit kantor kesehatan pelabuhan (KKP) dan lainnya, serta menyiapkan kapasitas laboratorium pemeriksaan dan rujukan.

Baca juga : Cegah Penyebaran Cacar Monyet, Belgia Terapkan Karantina Wajib 21 Hari

“Melakukan revisi pedoman pencegahan dan pengendalian monkeypox menyesuaikan situasi dan update WHO yang berisi mengenai surveilans tata laksana klinis, komunikasi risiko, pengelolaan laboratorium,” ujarnya.

Syahril menjelaskan, penyakit cacar monyet bersifat zoonosis atau menular dari hewan ke manusia. Namun, saat ini, penyakit ini sudah penular dari manusia ke manusia lainnya.

Ia juga mengatakan, penyakit cacar monyet ini memiliki masa inkubasi 6-16 hari, tetapi juga bisa mencapai 5-21 hari.

Baca juga : Kasus Monkeypox Di Inggris Diprediksi Meningkat Signifikan Dalam Beberapa Pekan Ke Depan

Penyakit ini, lanjutnya memiliki dua fase gejala yaitu pertama gejala prodromal/invasi selama 1-3 hari dengan gejala di antaranya, demam tinggi, sakit kepala hebat, pembengkakan kelenjar getah bening, nyeri punggung dan nyeri otot serta lemas.

Kemudian fase erupsi (paling infeksius/menular), dengan gejala timbul ruam atau lesi pada kulit dimulai dari muka, tangan dan bagian tubuh lainnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Kenapa AirDrop Tidak Muncul Di IPhone? Begini 3 Cara Mengatasinya
Next post Cara Wuling Dekati Konsumen Di Jakarta Utara