Kata Menparekraf Soal Rencana Gelar F1 Di Indonesia

Spread the love
Read Time:3 Minute, 4 Second

Ajang balap Formula E untuk pertama kalinya digelar di Indonesia, khususnya di Jakarta pada Sabtu (4/6/2022).

Gelaran ini berjalan lancar dan Mitch Evans dari Tim Jaguar TCS Racing keluar sebagai juara pertamanya.

Tak hanya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang nampak di acara tersebut, ada juga sederet pejabat pemerintah pusat yang hadir, mulai dari Presiden Joko Widodo, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani, hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. slot gacor deposit via dana

Setelah Formula E berhasil diselenggarakan, benarkah Indonesia akan menggelar ajang balapan F1?

Kata Menparekraf soal rencana F1 di Indonesia

Menparekraf dalam Instagram pribadinya @sandiuno, membagikan momen saat dirinya ada di lokasi balap dan menyapa masyarakat yang menonton Formula E ini.

Dari antusias teriakan bangga yang disampaikan para penonton, salah satunya meminta pemerintah untuk menghadirkan ajang balap bergengsi lainnya, seperti Formula 1.

“Hebat! Mantap! Lanjutkan, Pak! F1 Pak!,” kata seorang penonton.

Hal itu juga diceritakan Sandi dalam keterangan unggahannya. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini pun memberikan respons tersendiri akan permintaan itu.

Ia menyebut, Indonesia akan segera bisa menyelenggarakan F1, meski tak disebutkan kapan waktu pastinya.

“…Kemarin saya mendengar ada pengunjung yang bersorak ‘F1, Pak’. Insya Allah dapat segera kita wujudkan. Kita hadirkan event bergengsi Formula 1 ke Indonesia, tepatnya di Bintan, Kepulauan Riau. Mohon doanya,” tulis Sandiaga.

Lantas, apa saja persiapan yang sudah dilakukan?

Pembangunan sirkuit

/Diskominfo Kepri Gambaran lokasi kedua pembangunan sirkuit F1 Bintan, Kepri.Demi bisa menyelenggarakan F1, Indonesia diketahui akan memulai pembangunan sirkuit bertaraf internasional di Lagoi, Kawasan Wisata Bintan Resorts, Bintan, Kepulauan Riau.

Dikutip dari (17/3/2022), sirkuit ini nantinya diberi bernama Bintan International Circuit.

Rencana pembangunan ini sudah dapat dipastikan, pasca-Memorandum of Understanding (MoU) antara Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan perusahaan asal Singapura Gallant Venture Pte Ltd pada 17 Maret 2022.

Saat itu, proses groundbreaking juga dilakukan pada titik koordinat pembangunan sirkuit yang berada di tepi Pantai Nirwana Gardens Hotel.

Anggaran dan masa pembangunan sirkuit

Pembangunan Sirkuit Internasional Bintan dilakukan dengan skema kerjasama investasi melalui PT Bintan Resort Cakrawala selaku anak perusahaaan Gallant Venture Pte Ltd dan pengelola Kawasan Wisata Bintan Resorts.

Rencananya sirkuit ini akan dibangun di kawasan seluas 237 hektar dengan anggaran senilai Rp 1,2 triliun.

Terkait dengan lama masa pembangunan, General Manager PT Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab mengatakan, pembangunan sirkuit bertaraf internasional ini akan memakan waktu hingga 2 tahun.

“Dua tahun untuk menyelesaikan sirkuit ini,” kata Abdul Wahab.

Trek sirkuit

Tim konsultan arsitek asal Inggris, Populous menentukan lokasi yang tepat sekaligus mematangkan desain lintasan atau trek sirkuit.

“Direncanakan dalam lintasan sirkuit ada 17 tikungan untuk motor roda dua, serta 18 tikungan untuk Formula 1,” ujar Bamsoet.

Sementara itu, Bamsoet menyebut sirkuit Bintan ini memiliki kualitas yang tinggi.

“Ini sirkuit dengan grade satu untuk F1, kalau bisa 4 event internasional di sini,” harap Bamsoet.

Tak berbeda dengan sirkuit di Mandalika, sirkuit Bintan juga akan mengedepankan pemandangan alam dengan keindahan pantai.

Mencontoh kesuksesan MotoGP Mandalika

Indonesia sebelumnya telah sukses menggelar ajang balap motor bergengsi MotoGP di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kesuksesan ini juga diharap akan terjadi saat sirkuit di Bintan selesai dibangun dan gelaran balap bergengsi digelar di sana.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo.

“Kalau nanti F1 digelar di Bintan, kita akan memperoleh dampak perekonomian yang luar biasa, hotel-hotel penuh, dan nama Indonesia khususnya Bintan akan moncer ke seluruh dunia,” ujarnya.

Terlebih, lokasi Bintan berdekatan dengan Malaysia dan Singapura. Jadi, diharapkan dampak perekonomian yang akan timbul juga bisa lebih besar.

Tak hanya F1, Bamsoet menyebut pihaknya berkomitmen untuk menyiapkan event-event internasional di sirkuit Bintan ini. Misalnya, F2, F3, dan lain sebagainya.

“Agar nanti Kepri, khususnya Bintan, akan terbentuk image-nya sebagai Sport Tourism,” pungkasnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Lirik Dan Chord Lagu Hurricane – Wafia
Next post IHSG Dan Rupiah Melemah Sesi I Perdagangan, Saham Bank Jago, BUKA Dan GOTO Kompak Turun