Ini Pentingnya CV Dan Personal Branding Untuk Bangun Karir

Spread the love
Read Time:1 Minute, 44 Second

Para mahasiswa dan alumni harus paham mengenai beberapa hal sebelum mencari pekerjaan. Apa saja itu? Salah satunya ialah pentingnya personal branding.

Hal itu dibahas dalam webinar gelaran Pusat Pengembangan Karier Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerja sama dengan Yureka Education Center (YEC). judi slot deposit pulsa 2020

Melansir laman UAD, Jumat (3/6/2022), sesuai dengan tajuk yang diusung, yaitu perencanaan dan pengembangan karir, maka pembahasan webinar berkisar seputar Curriculum Vitae (CV), personal branding, serta tips dan trik dalam menghadapi job interview.

Kepala Pusat Pengembangan Karier Bimawa UAD, Hendy Ristiono, M.P.H., Apt., menyampaikan bahwa acara ini merupakan sebuah momentum yang tepat bagi mahasiswa dan alumni untuk lebih mempersiapkan karir agar bisa survive di dunia kerja.

Pentingnya personal branding

Sementara Asep Ismail selaku HR Manager YEC Yogyakarta menjelaskan, salah satu hal krusial yang wajib dijadikan poin penting ketika mempersiapkan karir adalah personal branding, atau cara seseorang mengambil kendali penilaian orang lain atas diri individu tersebut.

“Ketiga hal tersebut tidak bisa hadir secara instan, oleh karena itu harus dibangun sejak dini,” ujarnya dikutip dari laman UAD.

Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membangun personal branding antara lain:

Asep juga menjelaskan tentang CV ATS (Applicant Tracking System), sebuah sistem yang digunakan untuk menyortir ribuan CV yang memenuhi kriteria.

Menurut Asep, rata-rata hanya ada sekitar 25 persen CV yang lolos seleksi di setiap perusahaan. Untuk membuat sebuah CV yang baik, bagian-bagian yang harus masuk adalah:

Perlu diingat, satu CV tidak bisa digunakan untuk melamar semua lowongan pekerjaan, hal ini karena setiap pekerjaan memiliki requirements yang berbeda-beda, jadi CV juga harus custom mengikuti requirements tersebut.

Sedangkan tentang job interview, Asep berpesan bahwa dalam menghadapi interview, pastikan kita telah memakai pakaian atau dress code yang sesuai.

Sedang interview dalam tahapan seleksi job vacancy bertujuan untuk mengetahui kepribadian pelamar, mencari informasi yang relevan terkait posisi yang dibuka, menggali komitmen pelamar terhadap posisi yang dibuka, dan menggali skill yang sesuai dengan posisi tersebut.

Tips hadapi wawancara kerja

Dalam menghadapi pertanyaan wawancara, salah satu metode jitu yang bisa digunakan ketika memberikan jawaban adalah STAR (Situation, Task, Action, dan Result).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Polisi Swiss Kerahkan Anjing Pelacak Untuk Cari Eril, Seperti Apa Kemampuannya?
Next post Susi Air Buka Lowongan Untuk Lulusan S1, Segera Daftar