Gibran Ikut Pameran UMKM Di Paris, Kenalkan Batik Dan Buka Peluang Kerja Sama

Spread the love
Read Time:2 Minute, 19 Second

SOLO, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengikuti pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan budaya yang bertema ‘Java In Paris’ di Paris, Prancis.

Perhelatan akbar berkolaborasi dengan Shopee Indonesia dan KBRI Paris, Prancis berlangsung selama delapan hari dimulai pada 8 Juni hingga 15 Juni 2022. slot deposit ovo terpercaya

Gibran bertolak ke Paris pada Minggu (5/6/2022) dengan didampingi Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (Diskop UKM dan Perin) Solo Wahyu Kristina dan Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Solo Aryo Widyandoko serta perwakilan peserta pameran.

Gibran bersama rombongan mengawali kegiatan pertamanya di Paris dengan bertemu Dubes RI untuk Prancis, Monako, Andorra, dan UNESCO Mohamad Oemar. Di sana Gibran melakukan ramah tamah dengan menerima jamuan makan siang.

Gibran juga menyaksikan gladi terakhir pagelaran budaya di Kedutaan Besar Republik Indonesia.

Kegiatan dilanjutkan dengan talk show bertajuk ‘Buah Karya Bangsa di Paris’ di Gedung Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris pada Senin malam pukul 20.00 WIB.

Talk show menghadirkan pembicara Mohamad Oemar (Duta Besar RI untuk Prancis, Andorra, Monako dan UNESCO), Andika dan Satria (Founder & designer AnSoe), dan Eko Supriyanto (Founder & Artistic Director EkoDance Company Solo).

Talk show disiarkan langsung secara streaming melalui channel YouTube GibranTV.

Dalam kesempatan itu, Gibran menyampaikan ingin mengenalkan budaya daerah, khususnya Solo agar dikenal di mata dunia. Dalam pameran ini Solo menampilkan produk UMKM berupa handicraft (kerajinan) dan batik dan seni budaya.

“Makanya kita nanti Mas Eko perform (Founder & Artistic Director EkoDance Company Solo) bersama teman-temannya. Ya itu tadi untuk mengenalkan budaya kita. Kalau saya lihat Mas Eko ini sudah berkali-kali gladi bersih, nanti di puncak acara semoga nanti sekali lagi kebudayaan kita bisa dikenal di mata dunia,” kata Gibran dalam siaran streaming channel YouTube GibranTV, Senin (6/6/2022) malam.

Pameran UMKM dan budaya yang digelar di BHV Marais, Paris, Prancis berlangsung cukup lama. Gibran pun berharap bisa mengenalkan produk-produk UMKM Indonesia khususnya Solo terhadap warga lokal di Prancis.

“Harapannya warga lokal atau manapun bisa menerima produk-produk kita dan sekali lagi kita ingin mengenalkan terutama batik, jenis batik, dan filosofi. Kita ingin warga Paris bisa berkunjung ke Solo, bisa mengeksplor lagi di Solo,” ucap Gibran.

Di sisi lain, putra sulung Presiden Jokowi juga berharap pagelaran UMKM dan budaya di Paris dapat membuka peluang kerja sama yang lebih besar antara Solo dengan Paris.

Duta Besar RI untuk Prancis, Andorra, Monako dan UNESCO, Mohamad Oemar mengatakan untuk mengenalkan budaya daerah di Indonesia, KBRI di Prancis selalu mengadakan workshop membantik setiap akhir pekan.

Dalam workshop, pihaknya akan menghadirkan pembimbing. Sehingga bagi peserta yang hadir di KBRI untuk Prancis ini bisa merasakan secara langsung bagaimana itu membatik.

“Kita akan adakan workshop membatik dan bimbingan kepada masyarakat yang tertarik untuk merasakan sendiri, menyaksikan bagaimana membatik. Dan mereka bisa praktik kursus kilat bagaimana seni membatik,” katanya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Di Balik Proses Syuting Film Satria Dewa: Gatotkaca Dari Sisi Pemain
Next post Sejarah Candi Borobudur Dan Daftar Harga Tiket Masuknya