Divonis Penjara Seumur Hidup, Kolonel Priyanto Pikir-pikir

Spread the love
Read Time:1 Minute, 28 Second

JAKARTA, – Terdakwa Kolonel Infanteri Priyanto menyatakan pikir-pikir untuk mengajukan banding atas vonis penjara seumur hidup dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Handi Saputra dan Salsabila.

Priyanto memilih pikir-pikir setelah bermusyawarah dengan tim penasihat hukumnya. slot gacor deposit pulsa

“Kami pikir-pikir, Yang Mulia,” kata Priyanto di hadapan majelis hakim di Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta, Jakarta Timur, Selasa (7/6/2022).

Hal yang sama juga diambil Oditur Militer Tinggi Kolonel Sus Wirdel Boy. Salah satu alasan oditur masih pikir-pikir karena adanya perbedaan unsur pasal antara dakwaan dan putusan.

Perbedaan tersebut terletak pada tidak dikenakannya unsur dakwaan Pasal 328 KUHP tentang Penculikan juncto Pasal 55 Ayat (1 ) KUHP, dalam vonis ini.

Majelis hakim justru mengenakan Pasal 333 KUHP Kejahatan Terhadap Perampasan Orang juncto Pasal 55 Ayat (1) KUHP. Sementara, dua pasal lain dalam dakwaan tetap dikenakan dalam tuntutan.

Menurut Wirdel, perbedaan pengenaan unsur dakwaan bisa menjadi celah untuk mengajukan banding.

Dalam kasus ini, Priyanto divonis penjara seumur hidup dan dipecat dari TNI.

Priyanto terbukti melanggar Pasal Primer 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana jo Pasal 55 Ayat (1) KUHP tentang Penyertaan Pidana, Subsider Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan, jo Pasal 55 Ayat (1) KUHP.

Pasal 333 KUHP tentang Kejahatan Terhadap Perampasan Orang juncto Pasal 55 Ayat (1) KUHP.

Sebelumnya, Priyanto bersama dua anak buahnya, Kopda Andreas Dwi Atmoko dan Koptu Ahmad Soleh menabrak Handi dan Salsabila usai menghadiri rapat evaluasi intel di Markas Pusat Zeni Angkatan Darat, Jakarta, 6-7 Desember 2021.

Setelah menabrak Handi dan Salsabila pada 8 Desember 2021, Priyanto bersama rombongan kemudian membuang jasad kedua korban ke Sungai Serayu di Banyumas, Jawa Tengah.

Jasad kedua korban ditemukan warga di dua titik berbeda di Sungai Serayu pada 11 Desember 2021. Pada 24 Desember, Priyanto dan dua anak buahnya ditangkap petugas.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Cerita Maia Estianty Kerap Dipanggil Guru Dan Kerjakan PR Al Ghazali Walau Tak Serumah
Next post Tidak Tiba-tiba, Deddy Corbuzier Rencanakan Pernikahan Sebelum Ramadhan