Ditetapkannya Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Sidang PPKI

Spread the love
Read Time:2 Minute, 23 Second

Kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan perayaan bendera.

Sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia, dibentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

PPKI yang disebut Dokuritsu Zyunbi Iinkai di Jepang dibentuk pada tanggal 7 Agustus 1945, setelah Biro Penyelidikan Persiapan Independen BPUPKI dibubarkan. slot gacor terbaru

Dalam buku modul Pancasila terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Pendidikan Kewarganegaraan, Ir. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada tiga angka. Soekarno, Mohammad Hatta, d. KRT Radjiman Wedyodininggrat pergi ke Saigon untuk menemui Jenderal besar Saiko Sikikan dari Terauchi.

Pada pertemuan tersebut Ir. Soekarno telah ditunjuk sebagai Ketua Dewan Direksi PPKI dan Mohammad Hatta telah ditunjuk sebagai Wakil Ketua.

Setelah kembali ke rumah, 14 Agustus 1945, hal. Sukarno menyatakan bahwa Indonesia akan segera merdeka, bukan sebagai hadiah dari Jepang, tetapi sebagai hasil perjuangan rakyat Indonesia sendiri.

Untuk memacu persiapan kemerdekaan Indonesia, PPKI yang beranggotakan 21 orang termasuk presiden dan wakil presiden bertambah menjadi 6 orang sehingga total menjadi 27 orang.

Setelah Jepang menyerah kepada Sekutu pada 14 Agustus 1945, para pendekar memanfaatkan kesempatan ini untuk segera mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia.

Akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945 berhasil mendeklarasikan kemerdekaan.

dan pada tanggal 18 Agustus 1945 Ir. Rapat PPKI yang dipimpin oleh presiden pun digelar. Soekarno, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 atau UUD 1945 disahkan.

Hasil tes PPKI adalah sebagai berikut.

  1. Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia diundangkan pada tahun 1945.
  2. Ada dua presiden dan wakil presiden terpilih. Soekarno dan Dr. Muhammad Hatta.
  3. Pembentukan Komite Nasional Indonesia Pusat

Baca Juga: Daftar 8 Negara Bagian Indonesia Terbentuk Selama Sidang PPKI

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang telah disahkan oleh PPKI terdiri atas dua bagian, yaitu ”Pembukaan” dan ”Teks” atau Pasal.

Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 terdiri dari empat alinea.

Paragraf keempat berisi bentuk dasar kasus Pancasila yang berbunyi:

  1. tuhan terbaik
  2. manusia yang adil dan beradab
  3. satuan indonesia
  4. Demokrasi digerakkan oleh kebijaksanaan permusyawaratan/perwakilan.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Terdapat perbedaan antara susunan kata dasar Negara Pancasila sebagaimana diatur dalam UUD 1945 dan teks Piagam Jakarta.

Perlu diketahui bahwa Piagam Jakarta adalah rancangan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yang disusun dalam rapat BPUPKI pada tanggal 22 Juni 1945.

Menurut Muhammad Hatta, latar belakang perubahan Prinsip 1 datang dari kedatangan seorang perwira kaijun (Angkatan Laut Jepang) untuk mengumumkan bahwa perwakilan Protestan dan Katolik di daerah-daerah yang dikuasai oleh Angkatan Laut Jepang bertentangan dengan bagian dasar kalimat. Teks Piagam Jakarta bahasa nasional.

Kalimat yang dimaksud adalah “Allah wajib menegakkan syariah bagi umatnya”.

Mendiskusikan keberatan dari warga Indonesia bagian timur d. KHA Wahid Hasyim, Ki Bagus Hadikusumo dan Bpk. Mohammad Hatta Teoko Mohamed Hassan, Kasman Singodimedjo, pertemuan sebelum pembukaan pertemuan pertama PPKI.

Demi persatuan bangsa dan kelestarian bangsa, para pendiri negara yang telah sepakat untuk tidak memecah belah negara Indonesia sepakat untuk menghilangkan bagian ini dari kalimat dan menggantinya dengan kalimat “ketuhanan yang maha esa”.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Disinggung Nikah Muda Dan Beda Agama, Mahalini Yakin Ke Rizky Febian: Tak Ingin Kenal Yang Lain
Next post Punya Pengalaman Buruk Dipenjara, Lucinta Luna Tak Mau Terulang Lagi: Dulu Aku Hilang Arah