Disjungsi Inklusif Dan Disjungsi Eksklusif: Pengertian Dan Contohnya

Spread the love
Read Time:1 Minute, 9 Second

Disjungsi adalah pernyataan dalam logika matematika yang berisikan dua proposisi. Menurun kebenaran kedua proposisinya, disjungsi dibagi menjadi dua yaitu disjungsi inklusif dan disjungsi eksklusif.

Disjungsi inklusif. slot gacor pragmatic

Disjungsi berupa pernyataan majemuk di mana dua proposisinya dibandungkan dengan kata “atau”. Proposisi yang pertama biasanya dilambangkan dengan “p” dan proposisi kedua dilambangkan dengan “q”.

Dilansir dari Philosophy Pages, disjungsi inklusif bernilai benar jika salah satu atau kedua proposisinya bernilai benar.

Adapun, disjungsi inklusif akan bernilai salah hanya jika kedua proposisinya bernilai salah. Hal tersebut karena kedua proposisi disjungsi inklusif bernilai benar.

Contoh disjungsi inklusif adalah “Maya membawa pulpen atau pensil”. Kalimat majemuk tersebut adalah disjungsi inklusif jika Maya benar membawa pulpen, namun benar juga bahwa Maya membawa pensil. Sehingga, kedua proposisinya bernilai benar.

Contoh lain disjungsi inklusif adalah:

Disjungsi eksklusif

Jenis disjungsi yang kedua adalah disjungsi ekslusif. Dilansir dari Oxford Reference, disjungsi eksklusif hanya bernilai benar jika salah satu proposisinya saja yang benar.

Adapun, disjungsi eksklusif akan bernilai salah jika kedua proposisi benilai benar atau bernilai salah. Hal tersebut dikarenakan salah satu proposisi dalam disjungsi eksklusif tidak benar.

Contoh disjungsi eksklusif adalah “Maya dapat memilih jurusan teknik fisika atau teknik geologi”. Kalimat majemuk tersebut adalah disjungsi ekslusif karena Maya tidak bisa memilih kedua jurusan dan hanya bisa memilih satu jurusan.

Artinya, saat satu proposisi benar (Maya memilih jurusan teknik fisika). Berarti proposisi lainnya (Maya memilih jurusan teknik geologi) bernilai salah.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Iseng Buat Konten Tendang Orangutan, Pengunjung Ini Panik Saat Kakinya Ditarik “Tinaitu”
Next post Tertabrak KA Lodaya Di Tasikmalaya, Seorang Nenek Tewas