Datang Ke Pasar Hewan, Pedagang Di Gunung Kidul Diminta Pulang

Spread the love
Read Time:1 Minute, 10 Second

YOGYAKARTA, -Dinas Perdagangan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan edukasi dan pemahaman kepada para pedagang yang masih nekat berjualan meski pasar hewan ditutup selama14 hari kedepan.

“Penutupan dilakukan untuk penanggulangan dengan melaksanakan sterilisasi area pasar,” kata Kelik saat dihubungi melalui sambungan telepon Jumat (3/6/2022). slot gacor e-wallet

Dia mengatakan seluruh pasar hewan diawasi agar tidak ada transaksi jual beli. Hal ini sebagai langkah untuk memutus mata rantai penyebaran PMK.

Pada hari Kamis (2/6/2022), pihaknya sempat meminta para pedagang untuk tidak berjualan di sekitar pasar Siyono Harjo. Hal ini lantaran sejumlah pedagang nekat datang meski pasar hewan ditutup sementara.

“Kemarin karena ditutup, ada penjual yang datang di luar ya kita edukasi untuk meninggalkan pasar dulu karena bahaya virus PMK,” kata Kelik.

Selama penutupan, pasar hewan akan selalu disemprot desinfektan untuk membunuh virus, apalagi beberapa waktu lalu sebelum ditutup sempat ditemukan suspek PMK di pasar Siyono Harjo.

Untuk hari ini bertepatan pasaran Kliwon dalam penanggalan jawa pasar hewan Munggi, Kapanewon Semanu yang seharusnya buka.

“Untuk pasar Munggi pagi ini tidak ada pedagang. Kondusif,” kata Kelik.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Gunungkidul, Wibawanti Wulandari penutupan pasar hewan hanya salah satu cara dalam penanggulangan wabah PMK.

Pihaknya sosialisasi ke masyarakat dengan memberikan pemahaman terkait dengan PMK.

Wibawanti mengakui hewan ternak yang terjangkit PMK risiko kematiannya kecil hanya 5 persen dari kasus. Namun tetap perlu diwaspadai karena mberpengaruh terhadap berat badan hewan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Mengenal Makna Dan Rangkaian Hari Raya Galungan
Next post 7 Game Petualangan Seru Yang Sudah Rilis Pada 2022