Cara Mendaftarkan Hak Cipta Lagu Secara Online Dan Biayanya

Spread the love
Read Time:1 Minute, 59 Second

Hari Musik Dunia atau World Music Day jatuh pada hari ini, Selasa (21/6/2022). Untuk memperingatinya, bisa dilakukan dengan mengapresiasi tiap karya musik yang ada, baik musik ciptaan orang lain maupun diri sendiri.

Salah satu bentuk apresiasi pada karya musik adalah dengan mendaftarkan hak cipta. Musik instrumen dan musik dengan teks atau biasa disebut juga sebagai lagu, merupakan karya yang perlu juga untuk dilindungi hak ciptanya. info slot gacor hari ini pragmatic play

Hak cipta sejatinya bersifat deklaratif, yang bakal didapat oleh seorang pencipta karya dan melekat secara otomatis setelah hasil ciptaannya dipublikasi atau terwujud. Setelah itu, hak cipta yang melekat pada pencipta atas karyanya wajib untuk dilindungi.

Dalam hak cipta, setidaknya terdapat dua hak eksklusif yang dilindungi, yakni hak moral dan ekonomi, sebagaimana tertuang pada Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Hak moral merupakan hak yang melekat secara abadi pada diri pencipta untuk mendapat pengakuan atas karyanya. Sementara hak ekonomi adalah hak eksklusif pencipta atau pemegang hak cipta untuk mendapatkan manfaat ekonomi atas karyanya.

Untuk memudahkan melindungi hak eksklusif tersebut, pemerintah lewat Kementerian Hukum dan HAM memiliki mekanisme pendaftaran hak cipta. Dalam hal ini, pendaftaran bukan ditujukan untuk mendapatkan hak cipta atas sebuah karya.

Pendaftaran bertujuan untuk mencatat secara administratif hak cipta yang melekat pada seorang pencipta atas karyanya. Pencatatan administratif memudahkan pencipta dalam melindungi hak atas karyanya ketika terjadi sengketa yang membutuhkan pembuktian.

Pendaftaran hak cipta di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM kini bisa dilakukan secara online. Lantas, bagaimana cara mendaftar hak cipta lagu secara online?

Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan cara mendaftar hak cipta lagu secara online di DJKI Kementerian Hukum dan HAM, dikutip dari dokumen Modul Kekayaan Intelektual Tingkat Dasar Bidang Hak Cipta.

Cara mendaftarkan hak cipta lagu secara online

Perlu diketahui, besaran biaya pendaftaran hak cipta lagu dan musik yang perlu dibayarkan pencipta itu berbeda-beda, bergantung dari kategorinya. Berikut adalah penjelasan mengenai berapa biaya daftar hak cipta lagu.

Biaya daftar hak cipta lagu

Untuk kategori pelaku usaha mikro, usaha kecil, lembaga pendidikan, serta lembaga penelitian dan pengembangan pemerintah, biaya yang dikenakan untuk pendaftaran hak cipta lagu sebesar:

Sementara itu, untuk kategori umum, biaya yang dikenakan untuk pendaftaran hak cipta lagu sebesar:

Itulah penjelasan seputar cara mendaftarkan hak cipta lagu dan musik secara online, berikut dengan biayanya, semoga bermanfaat. Untuk informasi lebih lengkap, silakan cek di tautan dokumen Modul Kekayaan Intelektual Tingkat Dasar Bidang Hak Cipta.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post PROFIL Ji Chang Min, Member The Boyz Yang Tinggalkan Panggung Di Tengah Konser
Next post Pengguna Mengeluh Konten Explore IG Berubah, Ada Apa?