Bocoran Tanggal Rilis Snapdragon 8 Gen 2, Lebih Awal Dari Biasanya

Spread the love
Read Time:2 Minute, 22 Second

Qualcomm seringkali memperkenalkan chipset kelas atas (flagship) mereka setiap menjelang akhir tahun.

System-on-Chip (SoC) Snapdragon 8 Gen 1, misalnya, diperkenalkan pada 30 November 2021 lalu, begitu juga Snadpdragon 888 yang diluncurkan pada tanggal yang sama pada tahun 2020. slot deposit via pulsa

Kini, suksesor dari chipset Snapdragon 8 Gen 1, yang digadang-gadang bakal bernama Snapdragon 8 Gen 2, ditaksir juga bakal diluncurkan menjelang akhir tahun.

Namun, tanggal peluncurannya disebut bakal sekitar dua minggu lebih awal dari tanggal peluncuran para pendahulunya.

Setidaknya begitu menurut sejumlah laporan yang beredar di internet. Berbagai laporan tersebut memuat screenshot yang mencantumkan tanggal resmi acara “Snapdragon Summit” untuk tahun 2022.

Wccftech Ilustrasi acara Snapdragon Summit 2022.

Dalam screenshot yang bisa dilihat di gambar di atas ini, disebutkan bahwa Snapdragon Summit bakal digelar pada 14-17 November 2022.

Biasanya, Qualcomm memperkenalkan chipset kelas atas terbarunya pada hari pertama gelaran Snapdragon Summit.

Artinya, chipset penerus Snapdragon 8 gen 1 itu kemungkinan akan diperkenalkan pada 14 November 2022.

Screenshot mengenai tanggal event tersebut konon berasal dari halaman resmi Qualcomm. Namun, saat KompasTekno mengecek halaman tersebut, informasi di atas sudah tidak tercantum.

Ajang Snapdragon Summit sendiri, yang biasanya digelar secara fisik (offline) di Hawaii, Amerika Serikat (AS), kerap dipakai untuk memperkenalkan berbagai pencapaian dan produk baru dari Qualcomm.

Pihak Qualcomm sendiri belum mengumumkan tanggal resmi terkait peluncuran chipset terbarunya ini. Nama dari chipset-nya juga belum diketahui. Sejauh ini, Snapdragon 8 Gen 2 masih menjadi nama yang paling memungkinkan.

Namun yang jelas, Qualcomm biasanya memang sering mencantumkan daftar jadwal acara besar yang akan mereka gelar dalam beberapa bulan ke depan.

Namun pantauan KompasTekno, Senin (28/6/2022), detail tangal acara Snapdragon Summit untuk 2022 yang beredar luas di dunia maya tadi, tampaknya sudah dihapus oleh Qualcomm.

Bocoran spesifikasi Snapdragon 8 Gen 2

Qualcomm Chip Snapdragon 8 Gen 1.Terkait spesifikasi Snapdragon 8 Gen 2, chipset tersebut konon bakal membawa sejumlah peningkatan dari Snapdragon 8 Gen 1.

Salah satunya konon adalah konfigurasi prosesor (CPU) delapan inti (octa core) baru dengan komposisi inti CPU 1 + 2 + 2 + 3, alih-alih 1 + 3 + 4 seperti pendahulunya.

Komposisi CPU tersebut terdiri dari satu buah CPU Cortex-X3, dua buah CPU Cortex-A720, dua buah CPU Cortex-A710, dan empat buah CPU Cortex A510.

Menurut kabar yang beredar, CPU Cortex-X3 dan Cortex-A720 bakal memiliki peningkatan performa sebesar 30 persen dibanding CPU Cortex-X1 dan Cortex-A78 di Snapdragon 8 Gen 1.

Sementara untuk pengolah grafis (GPU), Snapdragon 8 Gen 2 konon bakal ditenagai dengan GPU Adreno 740, peningkatan dari Adreno 730 pada Snapdragon 8 Gen 1, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Wccftech, Selasa (28/6/2022).

Meski banyak peningkatan, chipset teranyar Qualcomm ini disebut masih akan dibuat dengan fabrikasi 4 nanometer (nm), sama seperti pendahulunya.

Artinya, peningkatan performa dan efisiensi daya Snapdragon 8 Gen 2 boleh dibilang tidak akan begitu signifikan dari Snapdragon 8 Gen 1.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Ancaman Cap Ilegal Untuk Google, Twitter, Meta Dkk Di Indonesia
Next post Link Dan Cara Bikin Spotify Iceberg Yang Ramai Dibagikan Di Twitter