Benarkah Lada Hitam Bisa Mengusir Semut Di Kebun? Ini Penjelasannya

Spread the love
Read Time:2 Minute, 1 Second

JAKARTA, – Semut adalah serangga sosial, dan Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa mereka berkerabat dengan lebah dan tawon. Semut hidup di sarang bersama ratusan, terkadang ribuan, semut lain.

Sebagian besar adalah betina mandul tanpa sayap, yang dikenal sebagai pekerja, serta betina subur, yang dikenal sebagai ratu semut, dan jantan.

Ada banyak spesies semut yang terdapat di alam, termasuk semut hitam yang sudah dikenal terdapat di rumah dan kebun. slot deposit via shopeepay

SHUTTERSTOCK/YAN ELOY Ilustrasi lada hitam.

Dilansir dari Express Daily UK, Selasa (7/6/2022), hama tanaman seperti semut dapat menyebabkan kekacauan baik di dalam maupun di luar ruangan karena dapat dengan cepat menyerang ruang mana pun.

Pakar tanaman menyatakan, hama ini dapat dihentikan dengan menggunakan lada hitam sebagai “pestisida organik yang efektif.”

Jaylea, pemilik Flourishing Plants menjelaskan bahwa lada hitam adalah solusi untuk mengusir semut yang sangat efektif untuk memastikan tanaman tetap sehat.

“Lada hitam bertindak sebagai agen antibakteri alami untuk tanaman. Secara biologis, rempah-rempah esensial dan metabolit sekundernya digunakan sebagai insektisida dan agen bakteri,” ungkap Jaylea.

Air lada hitam dapat digunakan sebagai semprotan untuk mengobati infestasi jamur karena sifat aromatiknya yang kuat. Lada yang dicampur di tanah kebun, akan mencegah serangga, larva, atau semut.

“Ada banyak cara organik untuk menumbuhkan tanaman sehat dan lada hitam telah terbukti sangat efektif untuk melakukannya,” tambah Jaylea.

UNSPLASH/SHANNON POTTER Ilustrasi semut pada tanaman.

Anda dapat menggunakan lada hitam ke tanaman. Jaylea menjelaskan, campur air dan bubuk lada hitam dan semprotkan di sekitar tanaman Anda.

“Semprotan tidak akan membahayakan tanaman, hanya bau lada yang akan terus menempel di sekitarnya. Air dari semprotan menguap dan lada tetap berada di daun dan memberikan efeknya,” sebut dia.

Bau lada mengiritasi serangga, sehingga membantu menjauhkan mereka dari tanaman.Bahkan lapisan tipis lada sudah cukup untuk mengusir semut.

“Semut menyebabkan kerusakan parah pada tanaman, dan lada hitam terbukti fatal bagi mereka. Tambahkan lapisan tipis lada di sekitar tanaman atau di tepi petak bunga. Anda akan melihat pengurangan semut dalam beberapa hari,” papar Jaylea.

Lada hitam juga dapat dicampur dengan air untuk membuat larutan semprot dengan menambahkan setengah sendok teh lada hitam ke dalam air hangat.Penyemprotan lada hitam atau minyaknya pada tanaman membantu mencegah penyebaran penyakit.

Lada hitam mengandung piperin, bahan kimia antibakteri yang mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri pada tanaman.

Ketika lada hitam dicampur ke dalam tanah, maka lada terurai menjadi nutrisi yang berbeda dan memiliki efek antibakteri, yang dapat melindungi tanaman dan juga meningkatkan nutrisi mereka.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Oknum ASN Di Buleleng Yang Terjerat Kasus “Apotek” Sabu Tak Dipecat, Ini Alasannya
Next post Sri Mulyani: Transparansi Anggaran RI Peringkat 1 Se-Asia Tenggara