Bea Masuk Hambat Pertumbuhan Ekonomi Digital

Spread the love
Read Time:1 Minute, 9 Second

Pelaporan oleh jurnalis Cino Tre Sollistino

Jakarta – Center for Strategic and International Studies (CSIS) menyebut saat ini banyak regulasi yang bisa menghambat perkembangan ekonomi digital untuk tumbuh di tengah pandemi.

Yose Rizal Damuri, CEO CSIS, Yose Rizal Damuri, mengatakan salah satu faktor utama berkembangnya aktivitas digital adalah relatif bebasnya aliran data lintas batas. “Saat ini, arus data lintas batas tidak dikenakan bea masuk sama sekali,” kata Yossi Rizal, Jumat (17/6/2022). slot gacor hari ini pragmatic

Namun, ada banyak kerangka regulasi yang berpotensi menghambat perkembangan ekonomi digital dan sektor jasa yang terkait erat dengannya.

“Kondisi terkait tarif barang digital. Pemerintah Indonesia mengenakan tarif 0 persen pada produk yang ditransmisikan secara elektronik atau barang digital tidak berwujud,” jelasnya.

Studi Indonesia Services Dialogue 2019 menunjukkan bahwa pengenaan bea masuk pada transportasi elektronik di Indonesia dapat memberikan dampak negatif yang signifikan.

“Walaupun bea masuk ditetapkan 0 persen, perusahaan tetap harus mengeluarkan biaya administrasi dan pelaporan. Hal ini akan menyebabkan biaya kepatuhan lebih tinggi bagi pelaku usaha,” jelasnya.

Dikatakannya, sektor TI Indonesia yang relatif tertinggal membuat Indonesia menjadi net importir barang dan jasa TI, termasuk barang-barang digital tidak berwujud yang digunakan sebagai input produksi dalam kegiatan ekonominya.

“Perlu mempertimbangkan hilangnya potensi ekonomi serta beban ekonomi yang muncul,” katanya.

Dia mengatakan, jika bea masuk diterapkan, yang paling terpukul adalah startup dan UMKM Indonesia, yang selama ini diuntungkan dengan keberadaan platform dan produk digital.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Polisi: Anggota Khilafatul Muslimin Dari Wiraswasta, Petani, Guru, Dokter Hingga ASN
Next post 6 Zodiak Yang Hobi Belanja: Aries Memuaskan Keinginannya, Cancer Suka Hal Mewah