Banjir Rob Pantura, Pemerintah Inventarisasi Tanggul Dan Pasang Geobag

Spread the love
Read Time:1 Minute, 11 Second

JAKARTA, – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan upaya penanganan darurat pasca bencana banjir rob di Pantai Utara Jawa, pada Senin (23/5/2022).

Salah satu penanganan yang dilakukan adalahdengan menginventarisasi tanggul yang limpas dan apabila ada yang jebol dipasang geobag/jumbo bag sebagai tanggul sementara yang kuat menahan air. slot gacor gampang maxwin

Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR pun juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kabupaten/Kota (Pemkab/Pemkot)untuk rencana penanganan darurat serta melakukan pendataan kawasan terdampak.

“Sekaligusmempersiapkan sarana pengendali banjir seperti pompa air dan bahan banjiran,” terang Kelapa BBWS Ditjen SDA Kementerian PUPRMuhammad Adek Rizaldi dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (26/5/2022).

Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang mencatat data hidrologi pasang surut tinggi muka air laut pada pukul 15.00 WIB mencapai +210 cm Mdpl.

“Alhamdulillah,sejak tadi malam pukul 22.00 WIB, ketinggian air pada level +162 cm dpl dan sudah menunjukkan tren menurun,” ujar Adek.

Berdasarkan data sementara BBWS Pemali Juana Ditjen SDA Kementerian PUPR, dampak banjir rob mengakibatkan tergenangnya Pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang sekitar 30-150 cm.

Misalnya, di Desa Tegal Dowo, Pasir Sari, Karang Jompo, Pacar, Samborejo, Meduri, Pulosari, dan Mulyorejo.

Banjir rob Pantai Utara Jawa (Pantura) juga berdampak di sebagian wilayah Kabupaten Demak hingga ketinggian 30-100 cm seperti Jalan Raya Pantura-Demak dan permukiman warga di Pondok Raden Patah.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Misa Di Gereja Katedral Jakarta Sudah Dibuka Untuk Umat Lintas Paroki
Next post Viral Video Mobil Ambulans Di NTT Nekat Seberangi Sungai Saat Antar Jenazah