Awas, Asal Gunakan Lampu Hazard Bisa Bahayakan Kendaraan Lain

Spread the love
Read Time:1 Minute, 5 Second

JAKARTA, – Selain lampu utama dan sein, hazard juga menjadi salah satu perangkat komunikasi pada mobil.

Tapi sayangnya, tak sedikit pengendara yang mengetahui kapan tepatnya lampu hazard digunakan. Sehingga yang terjadi justru banyak yang salah kaprah. slot deposit gopay

Sesuai aturan, fungsi utama dan kegunaan lampu hazard adalah untuk memberikan isyarat saat terjadi kondisi atau keadaan darurat.

Lantas, seperti apa saja kesalahan pengemudi dalam menggunakan lampu hazard?

Biasanya kesalahan ini dilakukan pada persimpangan jalan atau perempatan tanpa Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) atau lampu merah.

Kebanyakan para pengemudi memberikan isyarat dengan menyalakan lampu hazard saat kendaraan hendak berjalan lurus.

Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, kebiasaan menyalakan lampu hazard saat di persimpangan adalah akibatmisspersepsi, tetapi hal itu malah jadi contoh yang keliru.

autorepairschaumburgil.com Ilustrasi lampu hazard

Saat menggunakan lampu hazard tepatnya di persimpangan jalan, pengemudi lain tidak bisa membaca arah kendaraan akan berbelok atau lurus. Hasilnya, situasi tersebut menimbulkan kesalahan komunikasi yang memicu terjadinya kecelakaan.

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menjelaskan, menyalakan lampu hazard saat kondisi hujan deras justru mengganggu karena silaunya sinar lampu membuat pengemudi di belakang kebingungan membaca pergerakan di depan.

Karena itu, Jusri menyarankan, sebaiknya pengemudi memahami fungsi penggunaan lampu hazard. Secara hukum, dan aturan lalu lintas kondisi darurat diterjemahkan bukan sesuai persepsi sendiri, melainkan pertimbangan situasi jalan raya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Lokasi Dapur Yang Ideal Dan Buruk Menurut Feng Shui
Next post 5 Buah Rendah Karbohidrat Yang Cocok Untuk Diet