Apa Itu Official Store Tokopedia, Simak Syarat Ketentuan Dan Cara Mendaftarnya

Spread the love
Read Time:3 Minute, 52 Second

Bagi konsumen yang sering berbelanja di marketplace dengan status official store, umumnya akan memberikan kepercayaan tersendiri, seperti barang yang 100 persen original, toko yang terpercaya, garansi barang, dan beberapa benefit lainnya.

Sedangkan untuk para pemilik bisnis, status official store tentu akan mempengaruhi daya beli konsumen. Biasanya toko dengan status official store akan memberikan kepercayaan lebih pada pelanggan sehingga hal ini membuat orderan Anda meningkat. slot deposit via pulsa tanpa potongan

Maka dari itu salah satu e-commerce Indonesia yaitu Tokopedia menyediakan fitur official store untuk para pemilik toko agar citra toko semakin kredibel bagi pembeli, sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Apa itu official store Tokopedia?

Official Store adalah layanan penjual di Tokopedia yang diperuntukkan bagi seller pilihan untuk mengembangkan usahanya secara eksklusif.

Namun dalam mengajukan official store terdapat syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan pemilik usaha agar pengajuan berhasil.

Adapun official store Tokopedia sendiri terbagi dalam tiga jenis yaitu pemilik merek, seller resmi, dan seller terbaik Tokopedia. Untuk pengajuan official store, berikut ini syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan pemilik usaha dengan baik.

Pemilik merek

Pemilik merek resmi atau pemegang hak merek dagang adalah selaku pengusaha kreatif lokal, pemilik merek nasional & global dengan izin yang disahkan di Indonesia. Berikut ini beberapa syarat dan ketentuan khusus yang harus dipenuhi pemilik usaha.

1. KTP 2. NPWP perusahaan 3. Akta pendirian perusahaan & tap menkumham 4. SIUP/Surat Izin Operasional 5. HAKI atas merek untuk produk yang dijual 6. BPOM/SNI/Izin Kemenkes untuk produk yang membutuhkan izin tersebut 7. NIB/TDP/SKDP 8. Surat kuasa (apabila yang menandatangani perjanjian tidak tertera pada akta)

Berikut standar produk yang harus diikuti: • Produk harus asli (original) • Kategori produk harus fokus (tidak lebih dari 2 kategori utama)

Seller Resmi

Pengusaha yang memiliki lisensi dan izin dari pemilik merek untuk menjual barang di Indonesia. Berikut ini beberapa persyaratan khusus:

1. KTP 2. NPWP perorangan 3. SIUP/Surat Izin Operasional 4. Surat Izin Distribusi/surat penunjukan dari pemilik merek untuk retail 5. BPOM/SNI/Izin Kemenkes untuk produk yang membutuhkan izin tersebut 6. NIB/TDP/SKDP

1. KTP 2. NPWP perusahaan 3. Akta pendirian perusahaan & tap menkumham 4. SIUP/Surat Izin Operasional 5. Surat Izin Distribusi/surat penunjukan dari pemilik merek untuk retail 6. BPOM/SNI/Izin Kemenkes untuk produk yang membutuhkan izin tersebut 7. NIB/TDP/SKDP 8. Surat kuasa (apabila yang menandatangani perjanjian tidak tertera pada akta)

Berikut standar produk yang harus diikuti:

• Produk harus asli (original) • Kategori produk harus fokus (tidak lebih dari 2 kategori utama) • Jumlah SKU aktif minimum 10 • Jumlah SKU dengan pre-order <50% SKU aktif

Seller terbaik Tokopedia

Merupakan Seller Tokopedia berstatus Power Merchant atau Power Merchant PRO dengan izin untuk menjual barang secara sah. Berikut ini syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan;

1. KTP 2. NPWP perorangan 3. SIUP retail/Surat Izin Operasional 4. BPOM/SNI/Izin Kemenkes untuk produk yang membutuhkan izin tersebut 5. NIB/TDP/SKDP

1. KTP 2. NPWP perusahaan 3. Akta pendirian perusahaan & tap menkumham 4. SIUP retail/Surat Izin Operasional 5. BPOM/SNI/Izin Kemenkes untuk produk yang membutuhkan izin tersebut 6. NIB/TDP/SKDP 7. Surat kuasa (apabila yang menandatangani perjanjian tidak tertera pada akta)

Berikut standar produk yang harus diikuti:

• Produk harus asli (original) • Kategori produk harus fokus (tidak lebih dari 2 kategori utama) • Jumlah SKU aktif minimum 10 • Jumlah SKU dengan pre-order <50% SKU aktif • Rata-rata nilai ulasan produk minimum 4 • Gambar produk sesuai dengan standar yang direkomendasikan. Klik tautan berikut ini untuk panduan gambar

1. Seller berstatus Power Merchant atau Power Merchant PRO 2. Skor Performa Toko minimal 70 3. Tingkat Pembatalan Pesanan kurang dari 5% dalam sebulan 4. Toko telah aktif berjualan minimum 6 bulan

Selain memperhatikan beberapa persyaratan khusus pada masing – masing jenis official store, berikut ini terdapat persyaratan umum yang juga harus diperhatikan pemilik usaha. Pertimbangan reputasi merek/Seller Pihak Tokopedia akan melakukan verifikasi dan menilai reputasi Seller berdasarkan hal berikut: • Reputasi di media sosial • Reputasi pemilik toko • Keberadaan toko retail

Seluruh Seller yang berhasil menjadi Official Store Tokopedia harus memenuhi persyaratan operasional berikut: • Tingkat pesanan sukses minimal 95% • Skor Performa Toko minimal 70 • Minimum 10 pesanan per bulan (kecuali kategori otomotif) • Memenuhi peraturan Security Deposit • Memenuhi standar gambar produk.

Berikut ini panduan gambar serta syarat dan ketentuan lebih lanjut mengenai official store Tokopedia.

Cara bergabung menjadi official store Tokopedia

Proses pengajuan Official Store membutuhkan waktu 20 hari kerja. Tim internal Tokopedia akan melakukan pemeriksaan di 10 hari kerja pertama dan dilanjukan dengan proses penandatanganan kontrak, security deposit, dan upload dekorasi toko di 10 hari kerja berikutnya.

Jika dalam 10 hari kerja pengajuan official store Anda tidak ada tanggapan, hubungi tim Customer Care Tokopedia untuk memastikan status perkembangan pengajuannya. Demikian cara pengajuan official store Tokopedia semoga membantu.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Polisi Eropa Tangkap 8 Gembong Penyelundupan Manusia Bernilai Tinggi
Next post Honorer Dihapus 2023, Pemkab Karawang Akui Banyak Hal Yang Dilematis, Salah Satunya Kekurangan Guru